Selasa, 25 November 2014

Akuntan di Pasar Modal



PERANAN PROFESI AKUNTAN DI PASAR MODAL

Pasar Modal adalah sumber dari berbagai instrument keuangan jangka panjang, seperti surat utang (obligasi), equity (saham), reksa dana dan instrument derivative lainnya. Dalam pasar modal ada fluktuasi harga yang terjadi dalam hitungan detik. Pergerakan harga tersebut di pengaruhi oleh berbagai variable, salah satunya adalah informasi yang menggambarkan kinerja dari perusahaan emiten. Informasi tersebut dapat berupa laporan keuangan, laporan perencanaan dan ekspansi usaha dan lainnya. Berkaitan dengan hal tersebut maka kualitas dari informasi dalam laporan keuangan perusahaan menjadi sangat penting. Kualitas atas informasi dalam laporan keuangan perusahaan emiten tersebut berpengaruh besar dalam pengambilan keputusan oleh investor untuk membeli atau menjual kembali ekuitas perusahaan di pasar modal.

Adalah contoh kejadiaan pada tahun 2001 sebuah perusahaan raksasa di Amerika, Enron Corporation, terbukti melakukan kecurangan dalam laporan keuangannya selama beberapa tahun silam. Skandal tersebut melibatkan sebuah firma akuntan public yang sangat besar. Peristiwa tersebut berdampak pada perekonomian dunia, utamanya Amerika yang mengakibatkan pasar modalnya menjadi kisruh dan runtuh.

Untuk itu dalam rangka menjalankan pasar modal harus terlaksana sesuai mekanisme dan peraturan yang berkaitan untuk menghindari penyimpangan dalam pasar modal. Tegaknya dan terlaksananya mekanisme dan peraturan di pasar modal di harapkan akan menjamin beberapa hal yang menjadi prinsip dasar dalam kegiatan di pasar modal, yakni :
1. Keterbukaan Informasi
2. Profesionalisme dan tanggung jawab pelaku pasar modal
3. Efisiensi
4. Kewajaran
Oleh karena itu salah satu pihak yang memiliki peran yang penting dalam hal ini adalah profesi Akuntan Publik. Akuntan berperan dalam menyediakan dan memastikan kualitas informasi yang tersaji dalam laporan keuangan perusahaan yang menawarkan efeknya di pasar modal. Kualitas informasi dalam laporan keuangan menjadi sangat penting bagi pelaku pasar modal, karena informasi tersebut merupakan acuan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan investasi.

Akuntan adalah seseorang yang memiliki kompetensi dalam bidang akuntasi yang telah menempuh jenjang pendidikan sebagai akuntan.  Profesi Akuntan Publik bertugas menyediakan informasi keuangan yang bermanfaat bagi banyak pengguna dalam pengambilan keputusan. Hal Ini menunjukkan betapa pentingnya profesi akuntan publik dalam ekonomi global. Profesi akuntan memberikan informasi yang menjadi landasan penting dalam setiap kebijakan ekonomi yang diambil oleh pihak pihak yang berkepentingan. Profesi akuntan dalam suatu Akuntan Publik dituntut mampu memberikan nilai tambah bukan hanya sekedar memberikan informasi saja. Para Akuntan di Pasar Modal bertujuan untuk memeriksa laporan keuangan dan memberikan pendapat terhadap laporan keuangan tersebut. Di pasar modal di tuntut pendapat Wajar terhadap laporan keuangan suatu perusahaan untuk menerbitkan saham baru (Initial Public Offering) ataupun yang telah terdaftar di bursa.
Pendapat Wajar berarti laporan keuangan tersebut telah disusun sesuai Standar Akuntansi Keuangan yang di tetapkan IAI tanpa suatu catatan ataupun kesalahan material. Akuntan yang terdaftar di badan pengawasan pasar modal, dalam hal ini lembaga Otoritas  Jasa Keuangan ( OJK) diharapkan menjadi pelindung awal untuk melindungi kepentingan publik dengan menghasilkan opini yang berkualitas atas laporan keuangan.

Laporan keuangan yang telah diperiksa tidak selalu menjamin bahwa laporan keuangan tesebut terbebas dari kesalahan. Oleh karena itu, akuntan dalam memberikan pendapatnya akan menyatakan kewajaran atas laporan keuangan , bukan kebenaran atas laporan keuangan. Selama Akuntan telah melakukan pemeriksaan sesuai standar auditing yang berlaku, maka akuntan di bebaskan beban tanggung jawab. Akuntan hanya bertanggung jawab atas opini yang diberikan terhadap kewajaran laporan keuangan namun laporan kebenaran laporan keuangan merupakan tanggung jawab managemen sepenuhnya.

Keahlian dasar seorang akuntan adalah memeriksa laporan keuangan, sehingga akuntan dituntut memiliki integritas dan modal untuk melindungi kepentingan masyarakat. Profesi akuntan merupakan profesi yang dibayar oleh kliennya namun bekerja atas nama masyarakat sehingga Akuntan Publik harus independent dan objective. Berkembangnya pasar modal akan memberikan peran yang sangat penting bagi akuntan khususnya Akuntan Publik mengingat keterkaitannya dengan informasi yang dibutuhkan di pasar modal.

(by: m-ya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar